15 Cara Membangun Sosial Media Presence Yang baik

Kini sebagian besar orang menggunakan sosial media untuk hal-hal yang menguntungkan bagi mereka. Pasalnya karena cara yang cukup simpel dan tidak memakan banyak biaya, media sosial menjadi sarana utama untuk menuju sukses bagi bisnis yang baru saja ingin muncul. Namun, semua itu ternyata gampang-gampang susah loh sahabat. Jadi simak terlebih dahulu cara-cara membangun sosial media presence yang baik.

Bagaimana Cara Membangun Media Sosial Presence Yang Baik?

Memang banyak orang yang sukses dengan cara terjun bisnis melalui media sosial, namun bagi kamu yang masih baru dan belum tahu persis bagaimana cara mengorbitkan akun media sosial baru yang kamu miliki dengan maksimal kamu perlu belajar dan menggunakan strategi yang baik. Pasalnya di dunia maya sana terdapat ribuan bahkan jutaan pesaingmu? Namun jangan khawatir ya berikut ini tips yang patut kamu ikuti untuk membangun media sosial presence yang baik terlebih dahulu.

  1. Tetapkan konsep yang bagus

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan menetapkan konsep yang bagus. Tunjukkan konsep cerdas yang kamu miliki, seperti kamu menetapkan target secara bertahap setiap minggu atau bulan.  Bagaimana kamu mengukur respons masyarakat terhadap apa yang kamu tawarkan, bertujuan jelas dan terikat dengan waktu.

  1. Pilih pemirsa untuk jadi sasaran konsumen

Kedua, kamu harus memilih konsumen untuk menjadi sasaran empuk. Pasalnya banyak sekali bisnis gagal karena mereka kurang bisa membaca pemirsa. Sebenarnya apakah mereka berpotensi tertarik dengan hal yang kamu tawarkan atau tidak. jika tidak mendingan kamu cari sasaran konsumen lain yang lebih berpotensi.

  1. Bersikap rendah hati dan ramah di media sosial

Dunia sosial memang apa-apa serba menggunakan mesin, teknologi alias smartphone atau komputer yang kamu miliki. Namun bukan berarti kamu bersikap dingin dalam melayani mereka. Bagi pebisnis atau penjual konsumen adalah nomor satu, keramahan dan rendah hati sangat di butuhkan dalam kegiatan ini. Tak jarang loh orang yang bisa membaca keramahan kamu hanya lewat tulisan saja. Jadi walaupun dalam dunia maya, kamu masih bisa bersikap rendah hati dan ramah.

  1. Mencari relasi yang baik dan banyak

Yang selanjutnya adalah relasi yang baik, berkumpul dengan orang baik akan mengalirkan energi yang positif. Begitu juga kamu dalam membangun relasi, setelah kamu menguasai hati para pelanggan kamu harus bisa menciptakan jalinan yang erat dan memuaskan para konsumen. Dan yang paling penting jumlahnya harus banyak juga ya sahabat.

  1. Jadwalkan waktu posting

Yang keempat adalah jadwal posting yang teratur. Mentang-mentang kamu sudah laris dan lancar dalam berbisnis kamu menjadi malas untuk posting. Ini adalah kesalahan yang besar ya sahabat, karena saat media sosialmu sudah ramai, setiap hari pasti ada pengunjung baru yang tidak tahu pasti apa sebenarnya yang kamu tawarkan. Maka dari itu rajinlah memposting produk kamu, namun mentang-mentang kamu semangat jadi posting berkali-kali dalam sehari. Ini juga salah ya sahabat, posting dalam jadwal dan waktu tertentu saja, seperti kamu membuat notice posting jam 9 pagi dan jam 3 sore. Itu akan lebih efektif.

  1. Membangun komunitas online

Bangunlah komunitas online yang sesuai dengan usaha yang kamu jalani, misalkan kamu menjalankan bisnis make up maka buatlah komunitas tersebut dengan tips, trik dan sebagainya. Atau pun bisnis makanan maka buatlah komunitas resep, pecinta atau pemburu kuliner. Sangat sederhana namun juga ampuh dan membangun sisi positif pada bisnis kamu.

  1. Terhubung dengan grup atau akun yang relevan

Selanjutnya adalah dengan menghubungkan bisnis kamu dengan grup dan akun yang relevan dan berpotensi mendapatkan konsumen baru yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan

  1. Melakukan promosi

Selanjutnya adalah melakukan promosi, bukan hanya di awal. Kamu bisa membuat promosi lebih saat kamu mencapai keuntungan yang tinggi. Namun sewajarnya dan memiliki batasan tertentu ya sahabat.

  1. Perbaiki tujuan untuk membantu sesama

Tujuan dari berbisnis bukanlah untuk mencari uang alias keuntungan semata. Namun perbaiki dengan niat untuk membantu dan menolong orang lain. Misalkan kamu menjual obat herbal, maka tujuanmu adalah membantu konsumen agar tetap sehat dan sembuh dari penyakit, setelah itu rezeki akan mengalir dengan mudah kepada kamu

  1. Mengarahkan audiens untuk menuju media sosial kamu

Jika kamu telah memiliki bekal ilmu komunikasi yang baik, maka untuk mengarahkan orang kepada media sosial kamu bukanlah hal yang sulit. Cara yang paling sederhana hanyalah memasang iklan lewat Snapchat saja, asalkan iklan tersebut dibuat dengan kata-kata yang menarik konsumen untuk melihat sosial media kamu

  1. Aktif dan partisipatif

Yang selanjutnya adalah aktif dan partisipatif. Kamu memang tidak bisa terlepas dengan hal ini jika sudah menjalankan bisnis online. Jadi tahu sendiri kan apa yang harus kamu lakukan?

  1. Cekatan terhadap hal baru

Tren baru menjadi sorotan public, maka gunakan kesempatan ini sebaik mungkin demi kelancaran usaha yang kamu miliki. Jangan sampai kamu menjadi pebisnis yang kurang update alias ketinggalan hal baru.

  1. Jangan pelit untuk mengembangkan bisnis

Selanjutnya adalah masalah uang, tidak ada bisnis yang tidak mengeluarkan uang. Jadi yang kamu tuju nantinya adalah hasil dari kerja keras bukan apa yang sekarang kamu keluarkan.

  1. Konten yang unik dan memiliki kemungkinan banyak peminat

Yang selanjutnya adalah konten yang menarik dan memiliki kemungkinan sangat banyak peminat. Bukan berarti harus memulai dengan usaha yang ramai, tapi ramainya peminatlah yang paling penting agar bisnismu cepat digerumuti banyak orang.

  1. Melakukan monitoring

Terakhir adalah melakukan kontrol terhadap usaha yang kamu jalankan, juga monitoring terhadap usaha lain baik yang berkembang ataupun yang maju dengan pesat. Cara ini efektif untuk menuangkan ide baru dan sebagai bahan evaluasi yang baik.

Gunakan Cara Di Atas Media Sosial Presence

Demikianlah cara membangun sosial media presence yang positif dan baik untuk kamu tiru. Semoga bermanfaat.